Resep Membuat Tempe Mendoan Renyah

 On Sabtu, 16 Mei 2015  


Siapa yang tidak mengenal tempe mendoan. Sajian makanan khas dari Kabupaten Banyumas ini sangat terkenal karena kelezatan dan keunikannya. Bagaimana tidak, jika resep gorengan lain biasanya menyarankan anda untuk menggoreng hingga matang dan terasa renyah, tempe mendoan justru di goreng setengah matang. Selain itu, bentuk tempe mendoan yang asli sudah berbentuk lebar dan tipis dan tidak perlu diiris lagi. Berbeda dengan tempe-tempe kebanyakan. 

Akan tetapi, tempe ini sangat pas untuk dimakan panas-panas saat suasana dingin seperti saat hujan turun. Biasanya tempe mendoan disajikan dengan sambal kecap dengan irisan cabai hijau yang membuat cita rasanya semakin lezat. Jika anda ingin mencoba resep gorengan tempe mendoan, berikut langkah-langkahnya.

Bahan:
Tempe mendoan ± 10 lembar atau sesuai jumlah anggota keluarga anda.
Tepung terigu secukupnya, disesuaikan dengan jumlah tempe
Dua batang daun bawang
3 siung bawang putih
Garam secukupnya dan ketumbar ¾ sendok teh
1 cm kencur

Cara Membuat:
  1. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, kencur, ketumbar dan garam dan juga iris tipis-tipis daun bawang. Jika anda tidak punya waktu untuk menghaluskan bumbu, cukup banyak bumbu instan khusus tempe mendoan yang lebih praktis untuk digunakan.
  2. Campurkan bumbu halus dan irisan daun bawang tersebut dengan tepung terigu di wadah yang cukup besar seperti baskom. Tuangkan air sedikit demi sedikit. Hindari menuang air langsung dalam jumlah banyak agar bisa menyesuaikan tekstur adonan tepung dan menghindari tekstur yang terlalu encer.
  3. Celupkan tempe mendoan ke adonan tepung dan goreng di minyak panas. Tempe mendoan asli tidak perlu di goreng terlalu lama, cukup setengah matang dan permukaannya terlihat agak basah. Jika anda menginginkan tempe mendoan yang digoreng kering, cukup menambah waktu menggoreng sampai tempe berubah warna menjadi cokelat keemasan.
  4. Sajikan tempe mendoan segera karena lebih lezat jika dikonsumsi saat masih panas. Resep nikmat gorengan ini belum lengkap tanpa sambal kecap untuk pelengkap penyajian. Cukup mengiris tipis cabai rawit hijau dan dicampurkan dengan kecap yang sudah dituangkan ke wadah mangkok kecil.
Resep Membuat Tempe Mendoan Renyah 4.5 5 Unknown Sabtu, 16 Mei 2015 Siapa yang tidak mengenal tempe mendoan. Sajian makanan khas dari Kabupaten Banyumas ini sangat terkenal karena kelezatan dan keunik...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar